Cara Mengatasi Internal Server Error di Wordpress

jasa hosting web indonesia murah
Cara Menonaktifkan Autoplay Video di Facebook
10/10/2015
cari domain masal - jasa hosting murah
Cara Cek Domain Secara Masal
01/11/2015

Cara Mengatasi Internal Server Error di WordPress

jasa hosting web indonesia murah

Internal Server Error pada web WordPress bisa disebabkan beberapa hal seperti adanya perubahan file .htaccess, update server, dan plugin yang tidak support. Disarankan sebelum melakukan edit file website, backup file dan database website wordpress anda.

Untuk melihat error detail maka anda harus mengeceknya melalui Error Logs yang terdapat di Cpanel Hosting anda.

Cara mengatasi Internal Server Error

  1. Login ke Cpanel >> pilih kotak “Files” >> pilih menu icon “File Manager“.
  2. Pilih “Web Root” kemudian Checklist bagian  “Show Hidden Files
  3. Maka di jendela File Manager, temukan file “.htaccess
  4. Cek file .htaccess anda, adakah perubahan dari default wordpress. Jika anda menggunakan Shared Hosting, ketika web anda menyebabkan Tingginya pemakaian CPU server maka pihak Server akan menambahkan kode tertentu untuk membatasi pemakaian CPU oleh akun domain anda. Secara default isi konten file “.htaccess” adalah sebagai berikut:
  5. Cobalah cek dan refresh halaman web wordpress anda.

Jika tidak ada masalah dengan file .htaccess, langkah kedua adalah menambah setting “PHP Memory Limit“. Biasanya penggunaan theme WordPress membutuhkan syarat minimal untuk PHP Memory Limit. Cobalah berkonsultasi ke theme developer dan pihak hosting untuk menambah nilai PHP Memory Limit.

Setelah anda menambah value PHP Memory Limit masih tetap mengalami Internal Server Error, maka anda bisa melakukan langkah ke tiga yaitu menonaktifkan semua plugin yang anda gunakan. Mungkin ada plugin yang tidak support dengan wordpress yang anda gunakan. Kemudian Aktifkan satu per satu plugin sambil mengecek dan merefresh halaman web anda. Temukan dan hapus plugin yang menyebabkan Internal Server Error.