jasa hosting web indonesia murah
Cara Mengatasi Error 404 Not Found Web WordPress di Windows Server
06/10/2015
jasa hosting web indonesia murah
Cara Menonaktifkan Autoplay Video di Facebook
10/10/2015

Cara menambahkan Slideshow Responsive di Web Joomla

jasa hosting web indonesia murah

Kebutuhan slideshow yang responsive penting untuk menambah fitur  website. Slideshow bisa digunakan untuk menampilkan informasi website dalam bentuk slide gambar.  Mengapa slideshow harus responsive? Hal ini karena untuk Joomla versi terbaru sudah support dengan mobile version. Sifat rensponsive ini akan memungkinkan slideshow tampil mengikuti ukuran lebar layar pengguna baik di PC atau smartphone. Jika tidak menggunakan Slideshow yang Responsive maka ketika website dibuka menggunakan Smartphone maka tampilan layout web akan berantakan.

Pada tutorial ini digunakan modul “Simple Slideshow” yang bisa anda unduh gratis di FAVTHEMES.  Dengan modul ini anda bisa memasang slideshow sebanyak 10 slide ke website. Jumlah yang lumayan banyak untuk menampilkan Slide Header.

Pertama kali yang harus anda lakukan adalah membuat desain gambar untuk slide dan upload pada folder tertentu melalui menu “Media Manager” di area Administrator Joomla. Anda juga bisa menggunakan FTP atau File Manager untuk mengupload Gambar slide.

Ambil path URL dari masing-masing gambar slide yang sudah anda upload. Contoh: anda memiliki file gambar “slide1.jpg” yang sudah anda upload dalam folder “slide”. Maka path URL untuk gambar adalah “slide/slide1.jpg“. Jangan sampai salah mengisikan path URL karena jika anda salah maka gambar slide tidak akan tampil.

Cara menginstall di theme web joomla anda sebagai berikut:
1.    Setelah anda download  modul ke komputer lokal, lakukan install modul caranya Login ke area Administrator Joomla. Kemudian masukkan username dan password anda dengan benar.
2.    Pilih menu “Extentions” >> pilih submenu “Extention Manager

jasa hosting website indonesia murah
3.    Di Jendela “Extention Manager” >> Pilih menu  “Install” >> di bagian “Extention Package File” Tekan tombol “Browse” dan pilih  file modul dari komputer lokal. Selanjutnya  klik tombol “Upload & Install”.

jasa hosting web indonesia murah
4.    Jika sudah terinstall maka modul akan ditampilkan pada menu “Modul Manager” .

jasa hosting web indonesia murah

lakukan setting seperti pada video berikut:

5.    Pada saat mensetting jangan lupa pilih “posisi module” di theme Joomla anda. dan klik opsi “Publish” untuk mengaktifkan modul.  Jika anda belum tahu cara melihat posisi modul di Joomla cobalah pelajari disini.

jasa hosting web indonesia murah

7.   Cobalah refresh halaman web anda. Dan lihatlah hasilnya di PC atau di smartphone Anda.